Beranda » Pemain Bola Indonesia Yang Memiliki Harga Termahal
Bursa Transfer

Pemain Bola Indonesia Yang Memiliki Harga Termahal

Dunia sepak bola di Indonesia memang saat ini sedang bangkit di masa pandemic lewat turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

Ajang Piala Menpora 2021 ini menjadi tolok ukur kompetisi sepak bola kasta tertinggi Tanah Air, Liga 1. Tolok ukur tersebut dilihat oleh pihak kepolisian selaku pemberi izin keramaian dengan menilai protocol kesehatan yang diterapkan.

Seiring dengan rencana Liga 1 Tahun 2021 yang sedang diusahakan akan bergulir, harga pasaran pemain lokal tentu menarik perhatian.

Bali United dan Persija Jakarta menjadi pemilik pemain mahal terbanyak. Tak heran mereka di cap sebagai tim bertabur bintang.

Dalam kelas pemain lokal, Persija memiliki tiga pemain termahal, di antaranya Marc Klok, Riko Simanjuntak, dan Osvaldo Haay.

Begitu juga dengan Bali United yang memiliki tiga pemain lokal termahal, yakni Stefano Lilipaly, Ilija Spasojevic, dan Ricky Fajrin.

Selain mereka, siapa lagi sih pemain sepak bola dengan bayaran termahal di Indonesia? Yuk simak di bawah.

1.Marc Klok

Marc Klok

Mar klok saat ini menjadi pemain Timnas Indonesia dengan taksiran nilai pasar termahal. Menurut Transfermarkt, gelandang Persija Jakarta itu mempunyai market value hingga Rp 6,08 Miliar.

Nilai pasar yang dicantumkan tersebut bukanlah nilai kontrak dari seorang pemain. Harga tersebut merupakan rujukan dari harga jual berdasarkan banyak faktor.

Ada beragam variabel yang bisa memenuhi nilai pasar antara lain performa di atas lapangan, pengaruh terhadap klub atau tim, dan branding di luar lapangan.

Marc Klok sendiri memiliki 3 unsur tersebut. gelandang naturalisasi asal Amsterdam, Belanda itu baru saja membawa Persija Jakarta menjuarai Piala Menpora 2021.

Selain itu, pemain berusia 28 tahun ini juga mendirikan label pribadi dengan nama MK the Label alias akronim dari namanya sendiri.

Saat ini, Marc Klok baru mendapatkan panggilan pertamanya di Timnas Indonesia. Mantan pemain PSM Makassar itu dipercaya bersama 33 pemain lainnya.

2.Evan Dimas

Evan Dimas

Transfermarkt mendantumkan nilai pasar Evan Dimas sebagai yang tertinggi kedia di Timnas Indonesia saat ini.

Gelandang berusia 26 tahun itu memiliki banderol nilai sebesar Rp 5,21 miliar. Evan Dimas baru saja hijrah ke Bhayangkara Solo FC setelah kontraknya bersama Persija Jakarta habis. Ia pindah dengan status bebas transfer.

Taksiran harga pasar itu cukup layak untuk Evan Dimas. Pada usia emasnya sebagai pesepak bola, mantan pemain Barito Putera itu pernah meraih juara Liga 1 2017 bersama Bhayangkara Solo FC dan Piala AFF U-19 2013 dengan Timnas Indonesia U-19.

3.Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam

Nilai pasar Asnawi Mangkualam melinjak pesat setelah bermain untuk klub Korea Selatan, Ansan Greeners.

Transfermarkt memperkirakan market value Asnawi mencapai Rp 5,21 miliar. Asnawi Mangkualam sendiri dikontrak oleh Ansan Greeners, klub kasta kedua Liga Korea Selatan, selama semusim plus opsi perpanjangan setahun.

Sejauh ini, Asnawi Mangkualam bisa tampil memukau di Korea Selatan. Bek sayap berusia 21 tahun itu bermain enak kali dan mengukir satu assist.

4.Osvaldo Haay

Osvaldo Haay

Osvaldo Haay punya nilai pasar yang sama dengan Asnawi Mangkualam. Winger dengan usia 23 tahun ini memiliki mahar mencapai Rp 5,21 miliar.

Di usianya yang masih muda, Osvaldo Haay sudah bergelimang gelar. Pemain Persija Jakarta itu pernah meraih trofi Indonesia Soccer Championship atau ISC A bersama Persipura Jayapura pada 2016.

Osvaldo Haay juga menjadi top scorer SEA Games 2019 dengan delapan gold an mengantar Persija menjuarai Piala Menpora 2021.

5.Nadeo Argawinata

Nadeo Argawinata

Market value Nadeo Argawinata hanya sedikit di bawah Evan Dimas, Asnawi Mangkualan, dan Osvaldo Haay. Harganya ditasfir bisa mencapai Rp 4,35 miliar.

Saat ini, Nadeo Argawinata baru berusia 23 tahun namun kipper Bali Unites ini sudah menjadi penjaga gawang utama di Timnas Indonesia.

Secara prestasi, Nadeo Argawinata belum menorehkan apa – apa. Bermodalkan talentanya, banyak pihak yang memprediksi kipper dengan tinggi badan 187 cm itu akan memiliki masa depan yang cerah.

6.Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly

Pemain naturalisasi ini menduduki peringkat pertama dengan predikat pemain termahal di Indonesia saat ini.

Stefano Lilipaly tercatat memiliki nilai pasar sebesar 350 ribu Euro atau setara dengan Rp 5,6 miliar. Angka yang sangat fantastis untuk seorang atlet.

Namun, asalkan jumlah yang dikeluarkan sesuai dengan ekspektasi klub, tentunya hal ini bukan masalah. Lilipaly berhasil mengantarkan Bali United menjadi juara Liga 1 Indonesia tahun 2019 ditambah dengan ia merupakan salah satu kunci penting di kubu timnas senior Indonesia.

7.Febri Hariyadi

Febri Hariyadi

Pemain berusia 25 tahun ini memiliki nilai pasar seharga 325 ribu euro atau setara dengan Rp 5,2 miliar. Dengan usia yang tergolong muda, Febri Hariyadi sudah bisa memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Bukan menjadi hal tabu jika membahas mengenai nilai jual Febri Hariyadi. Karena, ia merupakan kunci utama di klub Persib sekaligus andalan dalam timnas Indonesia.

8.Riko Simanjuntak

Riko Simanjuntak

Rico masuk ke dalam urutan 4 dengan nilai jual sebesar 300 ribu euro atau setara dengan Rp 4,8 miliar. Dengan harganya yang sangat fantastis, Rico memberikan hal yang setimpal dengan memberikan 2 gelar juara yaitu Piala Presiden 2017 dan Liga Indonesia 2018.

Nah, itulah daftar pemain termasal yang ada di Indonesia. Tentu saja harga mereka ini sebanding dengan skill yang mereka miliki, karena itulah klub berani mengeluarkan banyak modal untuk menarik mereka. Semoga bermanfaat.