Beranda » Dikenang Semua Orang, Inilah Legenda Sepak Bola di Dunia
Berita

Dikenang Semua Orang, Inilah Legenda Sepak Bola di Dunia

Sepak bola adalah sebuah olahraga yang sangat populer di dunia sampai sekarang ini. Olahraga ini seringkali memunculkan pemain terbaik berkelas di dunia yang menjadi daya tarik tersendiri saat menontonnya.

Para pemain biasanya selalu berusaha untuk menjadi pemain terbaik di dunia agar nama mereka selalu dikenang oleh dunia. Beberapa pemain mungkin sudah pensiun atau bahkan sudah meninggal dunia. Namun, ada pula pemain legenda sepak bola yang masih sehat dan masih bermain sampai sekarang.

Lalu, siapa saja sih nama egenda sepak bola dunia tersebut? Yuk simak di bawah ini.

1. Papa Bouba Diop

Papa Bouba Diop

Papa Bouba Diop merupakan seorang pemain Senegal yang pernah mencetak gol ke gawang Prancis di laga pembuka Piala Dunia 2002. Selama berkarir, ia aktif bermain menempati pos bek dan memperkuat sejumlah tim Liga Inggris seperti Portsmouth dan Fulham.

Ia berpulang 4 hari setelah meninggalnya Maradona. Papa Bouba Diop meninggal di Prancis pada umur 42 tahun karena sakit berkepanjangan yang telah lama ia derita.

2. Pele

Pele

Sebelum adanya sepak bola modern, Pele adalah salah satu pemain terbaik sepanjang masa yang sudah pernah mengubah sejarah sepak bola. Ia bermain bersama dengan timnas Brazil.

Sepanjang karirnya, ia sudah memenangkan 3 kali Piala Dunia, yaitu di tahun 1958, 1962, dan 1970. Bahkan, sepanjang karirnya ia sudah mencetak 1.281 gol dari 1.363 pertandingan yang ia lewati.

3. Paolo Rossi

Paolo Rossi

Italia juga pernah berduka karena ditinggal oleh legenda besarnya, Paolo Rossi. Paolo Rossi meninggal pada tanggal 9 Desember 2020 karena kanker paru – paru. Ia sendiri adalah salah satu pahlawan Timnas Italia pada saat merebut Piala Dunia 1982.

Rossi bahkan menjadi seorang top skor dengan 5 gol yang ia dapatkan pada turnamen tersebut. Selama masih aktif, ia juga pernah memperkuat sejumlah klub Serie A seperti Juventus, Vicenza, hingga Perugia.

4. Diego Maradona

Diego Maradona

Diego Maradona adalah seorang legenda pesepak bola dari Argentina yang selalu tampil cemerlang di lapangan hijau. Ia sudah mengisi permainan sepak bola dengan skill nya yang mengagumkan. Ia juga diketahui sudah memenangkan Piala Dunia 1986 dengan kontroversi “Tangan Tuhan”.

Pemain legenda ini meninggal pada 25 November 2020 di usianya yang ke 60 tahun karena serangan jantung. Sebelum meninggal, kabarnya ada tak kurang dari 6 ambulans yang mendatangi kediaman Maradona.

Bahkan, putri tercintanya serta dokter pribadinya juga berusaha menyelamatkan nyawanya walau akhirnya tidak tertolong juga. Ia menjadi ikon sepak bola yang sampai sekarang masih sangat dihormati.

5. Alejandro Sabella

Alejandro Sabella

Sehari sebelum meninggalnya Paolo Rossi, Argentina sudah lebih dulu merasakan kehilangan legenda mereka, Alejandro Sabella. Ia merupakan mantan pemain sekaligus pelatih di Argentina yang meninggal pada tanggal 8 Desember 2020.

Ia melatih Timnas Argentina saat tim tersebut mendapatkan partai Final Piala Dunia 2014. Saat ia masih aktif sebagai pemain, ia juga pernah memperkuat Timnas Argentina dan menjadi legenda di klub River Plate Estudiantes.

6. Lionel Messi

Lionel Messi

Lionel Messi atau yang lebih dikenal dengan La Pulga mungkin belum resmi menjadi seorang legenda sepakbola di dunia. Namun, ia merupakan salah satu pemain terbaik dunia yang sudah mengoleksi trofi Ballon d’Or sampai 6 kali banyanya.

Posisi pemain terbaik sepanjang masa saat ini masih diperdebatkan antara Lionel Messi atau Christiano Ronaldo. Walaupun keduanya sama – sama bersinar dan meraih banyak trofi sepanjang karirnya. Namun, Lionel Messi masih belum menghadirkan trofi bersama Timnas Argentina.

7. Christiano Ronaldo

Christiano Ronaldo

Christiano Ronaldo juga punya prestasi yang tak kalah banyak selama ia bermain di berbagai liga. Ia bahkan pernah merain kemenangan di Premier League, Liga Champions, Serie A, Piala Eropa, dan La Liga.

Sampai sekarang, ia sudah mengoleksi 5 trofi Ballon d’Or satu angka dibawah Lionel Messi. Pemain yang juga dikenal sebagai CR7 ini walaupun sudah berpindah – pindah klub serta liga, namun ia masih terus mencetak berbagai trofi untuk klub yang ia bela.

8. Gerrard Houllier

Gerrard Houllier

Gerrard adalah sosok yang pernah menjadi salah satu pelatih tersukses di klub raksasa Inggris, Liverpool. Ia adalah orang yang melahirkan bintang – bintang The Reds mulai dari Michael Owen, Robbie Fowler, hingga Steven Gerrard.

Ia meninggal di tanggal 14 Desember 2020 kemarin pascaoperasi pembuluih jantung. Sepanjang karirnya, ia sudah mempersembahkan sejumlah trofi penting untuk Liverpool termasuk gelar mini treble yang ia dapatkan pada musim 2000 / 01.

9. Johan Cruyff

Johan Cruyff

Johan Cruyff adalah salah satu legend sepakbola dari Ajax, FC Barcelona dan Timnas Belanda. Ia juga sudah mengubah pemain sepak bola dari Total Football yang ia kelola sepanjang ia berada di Ajax dan Timnas Belanda. Sepanjang karirnya, ia sudah memenangkan 3 European Cup, 3 trofi Ballon d’Or, dan 8 gelar liga.

10. Alberto di Stefano

Alberto di Stefano

Alberto di Stefano adalah bintang dari sepak bola pertama. Ia merupakan pemain kelahiran Argentina yang sangat kreatif dan taktis. Alberto di Stefano sudah bermain di Argentina dan Kolombia dan bergabung dengan Real Madrid. Ia juga sukses mengubah Real Madrid menjadi sebuah kekuatan super dari Eropa.

Nah, itulah 10 nama legenda sepak bola yang mungkin kalian belum pernah dengan sebelumnya. Beberapa ada yang meninggalkan dunia sepak bola karena telah berpulang. Namun, beberapa juga masih sehat dan dipercaya akan menjadi seorang legenda. Ada pemain favorit kalian di sini?