Beranda » Daftar 10 Pemain Bola Indonesia Yang Main Sampai Luar Negeri!
Tips

Daftar 10 Pemain Bola Indonesia Yang Main Sampai Luar Negeri!

Akhir – akhir ini, jumlah pemain pesepak bola Indonesia yang bisa berkarir di luar negeri cukup banyak. Namun, tak berarti semua nya pindah ke luar negeri dan Tanah Air jadi tidak memiliki siapapun. Pelatih dari Timnas Indonesia yaitu Shin Te Yong juga baru saja memanggil 26 pemain untuk menghadapi 2 laga uji coba yang digelar di Turki.

Selama di Turki, Timnas Indonesia nantinya akan mencoba kekuatan dari Myanmar dan Afghanistan. Timnas Indonesia akan terlebih dulu menghadapi Afghanistan di tanggal 16 November 2021. Sesudah itu, skuad Garuda pun dijadwalkan akan uji coba melawan Myanmar di tanggal 25 November nanti.

Selain nama – nama yang mengikuti laga tersebut, masih banyak pula beberapa nama pesepak bola Indonesia yang juga punya bakat yang tak kalah hebat. Nah, di bawah ini kami akan berikan daftar pemain bola indonesia di luar negeri yang harus kita banggakan.

Baca Juga: 8 Pemain Bola Indonesia Yang Memiliki Harga Pasar Termahal!

1. Bambang Pamungkas

pemain leganda bola indonesia

Untuk para pecinta Timnas Indonesia di awal tahun 2000 an pasti sudah tidak asing dengan sosok Bambang Pamungkas. Gelar dari top skor sudah bukanlah hal yang baru lagi jika menyebut nama pesepakbola yang dipanggil Bepe itu.

Buktinya, dia juga sempat menjadi top skir Liga Indonesia di tahun 1999 sampai dengan 2000 di Persija Jakarta serta sudah mencetak gol terbanyak Piala Tiger / AFF 2002 di Timnas Indonesia. Bepe sendiri sempat berkibar saat ia sedang membela klub dari Malaysia yaitu Selangor FA dalam kurun 2005 sampai 2007.

Ia dibantu dengan rekan sekompatriotnya yaitu Ellie Aiboy dan Bepe membantu Selangor dalam meraih treble winner di tahun 2005. Sebut saja Malaysia Premier League, Malaysia Cup, serta Malaysia FA Cup.

2. Egy Maulana Vikri

pemain bola indonesia di luar negeri

Egy Maulana Vikri merupakan salah satu bintang muda sepak bola Indonesia yang bersinar semenjak memperkuat Timnas Indonesia U – 19 yang di asuh oleh Indra Sjafri di tahun 2017. Edy sendiri adalah sosok yang membangkitkan semangat dari para penggemar sepak bola Indonesia untuk memasang asa yang tinggi mengenai kehadiran dari pesepak bola berkualitas yang bisa membawa Timnas Indonesia agar berprestasi.

Indra bahkan menyarankan Egy untuk berkarir ke luar negeri. Sesudah mempertimbangkan begitu banyak tawaran yang masuk, Egy akhirnya bergabung bersama dengan klub Polandia, Lechia Gdans, di tahun 2018 kemarin.

Tetapi, Egy Maulana Vikri sekarang sedang mencari klub baru dikarenakan Lechia Gdansk tak memperpanjang kontraknya. Walau begitu, namun Egy masih merupakan pemain yang jadi primadona untuk para pecinta sepak bola di Indonesia.

3. Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto

Salah satu pemain Indonesia di luar negri ini sempat berguru pada tim Sampdoria Primavera, karena punya kualitas yang unggul, ia pun disertakan oleh pelatih Sampdoria pada saat itu yaitu Sven Goran Eriksson untuk berlatih bersama dengan tim utama yang diperkuat oleh Roberto Mancini, Ruud Gulit, dan masih banyak lagi di tahun 1994.

Bahkan, ia juga dibawa oleh pelatih Eriksson di saat sedang menjalani tur Asia yaitu Indonesia, Hong Kong, dan Thailand medio Mei 1994. Waktu itu, Kurniawan juga ikut turun di saat Sampdoria menghadapi Indonesia Selection serta mencetak gol pada laga tersebut.

Sesudah membela Sampdoria, Kurniawan pun hengkang ke FC Luzern yang mentas pada kasta paling atas dari liga Swiss. Kurniawan turun ke 25 pertandingan dengan mencetak 3 gol bersama dengan FC Luzern. Salah satu laga yang dijalani olehnya adalah menghadapi Tottenham Hotspur yang diperkuat oleh Jurgen Klinsmann pada ajang Piala Intertoto.

4. Ryuji Utomo

pemain bola top indonesia

Ryuji Utomo adalah salah satu pemain bola Indonesia di luar negeri yang menjadi seorang stoper serta sudah memperlihatkan kualitas dirinya semenjak masih muda. Bahkan, pemain yang lahir di Jakarta itu juga berani mencoba kesempatan bermain pada Bahrain saat sepak bola Indonesia sedang dibekukan oleh FIFA di tahun 2015 kemarin.

Sesudah kembali ke Indonesia dan bermain bersama dengan Arema FC dan juga Persija Jakarta, Ryuji Utomo pun sempat mencoba kesempatan bermain pada Liga Thailand. Ia pun dipinjamkan ke PTT Rayong oleh Persija di tahun 2017 sampai dengan 2018.

Sesudah itu, Ryuji juga dipinjamkan lagi oleh Macan Kemayoran ke klub Malaysia, Penang FA di tahun 2020 saat sepak bola Indonesia terhenti karena pandemi Covid – 19 yang berdampak pada kompetisi sehingga tak bisa dijalankan.

5. Widodo C. Putro

Widodo C. Putro

Nama Widodo C. Putro mulai bersinar setelah ia mencetak gol salto di Piala Asia di tahun 1996. Waktu itu dia menerima umpan silang dari Ronny Wabia. Tendangan saldo dari Widodo pun tidak bisa ditahan oleh kiper Kuwait.

Medio di tahun lalu, AFC menggelar polling mengenai gol paling indah yang sempat diciptakan oleh pemain asal Asia. Gol yang dilakukan oleh Widodo C. Putro pun menjadi pemenangnya sesudah mengalahkan gol dari pemain asal Lebanon yaitu Abbas Chahrour.

6. Witan Sulaeman

pemain bola indonesia terbaik

Salah satu pemain Indonesia yang bermain di Eropa ini merintis karir ke Eropa dan turut membawa berkah untuk sahabat dan juga rekan satu tim nya di Timnas Indonesia U – 19. Pemain sayap yang saat ini berumur 19 tahun ini sudah mendapatkan kesempatan untuk merintis karir nya ke Eropa di umur 18 tahun.

Witan sendiri mendapatkan kesempatan untuk bermain di klub Serbia, Radnik Surdulica. Kesempatan tersebut pun dimanfaatkan oleh pemain yang lahir di Palu, Sulawesi Tengah ini agar bisa meningkatkan kualitas permainannya dengan melebihi batas yang bisa didapatkan kalau bermain di Indonesia.

Ia juga merupakan salah satu calon bintang Timnas Indonesia di masa depan. Kehebatan pemain yang dikenal paling muda di antara para rekannya itu membuatnya jadi punya banyak penggemar terutama di sosial media.

7. Rochi Putiray

Rochi Putiray

Indonesia sempat mempunyai penyerang dengan nama Rochi Putiray. Ia dicatatkan sudah 41 kali membela Timnas Indonesia dengan memiliki 17 gol. Karir yang ia punya juga bukan hanya berada pada sepakbola lokal.

Dia juga pernah berkarir pada Liga Hong Kong bersama dengan Happy Valley dan Kitchee SC. Saat membela Kitchee SC itulah Rochi Putiray mencetak salah satu pencapaian paling tinggi di dalam hidupnya.

Pada laga uji coba Kitchee vs AC Milan yang diselenggarakan di Hong Kong pada penghujung Mei 2004, Rochi pun mencetak 2 gol. Hebatnya, berkat gol itu, Kitchee pun menang 2 – 1 atas AC Milan. Walaupun kebanyakan pemain Milan saat itu sedang bersiap untuk tampil di Piala Eropa 2004, namun beberapa pemain tip mereka tetap ikut.

8. Bagus Kahfi

pemain bola indonesia go internasional

Bagus Kahfi merupakan salah satu pemain masa kini yang mendapatkan kesempatan untuk merintis karir ke Eropa. Ia identik dengan rambutnya yang kribo dan saat ini bermain bersama dengan klub dari Belanda bernama Utrecht.

Salah satu pemain sepak bola Indonesia yang bermain di luar negeri ini kepindahannya sempat menjadi polemik dikarenakan Barito Putera yang telah mengontraknya secara profesional pun tak mau melepas sang pemain begitu saja.

Apalagi Utrecht sendiri tak mau mengeluarkan dana transfer untuk membawa saudara kembar dari Bagas Kaffa tersebut. Tetapi, sesudah memakan waktu dan upaya, lewat bantuan PSSI, Bagus Kahfi pun akhirnya betul – betul mendapatkan kesempatan untuk berangkat ke Belanda serta bergabung dengan FC Utrecht.

9. Elkan Baggott

bek terbaik pemain bola indonesia

Elkan Baggott saat ini masih berstatus pesepakbola yang aktif. Bek dengan umur 18 tahun ini juga dicatat sebagai pesepakbola pertama di Indonesia yang mentas pada kasta ketiga dari sepakbola Inggris.

Elkan Baggott juga baru saja mendapatkan kontrak profesional dari klub League One, Ipswich Town, serta terikat sampai dengan 30 Juni 2023. Ia juga dinilai bisa menjadi salah satu bek terbaik di dunia. Sebelum mengikat kontrak bersama Ipswich, ia sempat menjadi buruan dari Manchester Unites, West Ham United, Leeds United, hingga Everton.

Itulah kenapa, hanya masalah waktu saha untuk pemain yang memiliki tinggi 196 sentimeter ini untuk mentas pada Premier League nanti.

10. Syahrian Abimanyu

Syahrian Abimanyu

Saat sepak bola Indonesia sedang dalam kondisi vakum dikarenakan adanya pandemi Covid – 19 yang membuat izin penyelenggaraan kompetisi di Tanah Air yang tak bisa dikeluarkan, nama Syahrian Abimanyu pun jadi salah satu dari beberapa pemain yang memutuskan untuk berkarir di luar negeri.

Beberapa tawaran yang menggiurkan pun datang kepada pesepakbola Indonesia di luar negeri tersebut. Tawaran datang dari klub raksaya yang kaya dari Malaysia yaitu Johor Darul Ta’zim di awal tahun 2021.

Sesudah resmi bergabung dengan JDT, Syahrian pun langsung dipinjamkan ke klub Autralia yaitu Newcastle Jerts sepanjang setengah musim. Jebolan Levante Junior tersebut pun kembali ke klubnya yang ada di Malaysia serta sudah mendapatkan kesempatan untuk tampil bersama dengan tim utama.

Itulah beberapa nama pemain bola Indonesia yang bermain sampai ke negara orang lain untuk mengharumkan nama bangsa. Tentu saja untuk mencapai ke titik tersebut, perjuangan mereka tak boleh dianggap remeh karena hampir sepanjang hidupnya mereka berdedikasi untuk bermain bola. Ada idola mu di atas tidak?