Beranda » Peraturan Futsal Lengkap Yang Harus Dipatuhi!
Tips

Peraturan Futsal Lengkap Yang Harus Dipatuhi!

Permainan futsal merupakan permainan yang termasuk ke dalam olahraga yang dikompetisikan pada tingkat regional, nasional, hingga internasional. Sebelum memainkan olahraga ini, kita harus tahu lebih dulu dan paham mengenai peraturan – peraturan apa saja yang berlaku di dalam permainan futsal.

Federation Internationale de Football Association atau FIFA sebagai induk olahraga futsal sudah membuat berbagai peraturan di dalam permainan futsal. Ada beberapa peraturan yang dibuat. Agar lebih jelas, di bawah ini kami akan berikan peraturan futsal terlengkap untuk kalian.

1. Lapangan dan Bola

peraturan lengkap futsal

Lapangan futsal harus berbentuk empat persegi panjang. Garis samping pembatas lapangan harus lebih panjang dari garis gawang.

Luas lapangan futsal untuk pertandingan non internasional adalah:

  • Panjang lapangan : 25 meter – 42 meter
  • Lebar lapangan : 16 meter – 25 meter
  • Lingkaran tengah berdiameter 6 meter
  • Garis batas: garis selebar 8cm, yaitu garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung – ujung, dan garis melintang di tengah lapangan
  • Daerah penalti merupakan busur berukuran 6 meter dari setiap pos
  • Garis penalti 6 meter dari titik tengah garis gawang
  • Garis penalti kedua 12 meter dari titik tengah garis gawang
  • Zona pergantian daerah 6 meter atau 3 meter di tiap sisi garis tengah lapangan pada sisi tribun dari pelemparan

Luas lapangan untuk pertandingan internasional

  • Panjang lapangan : 38 meter – 42 meter
  • Lebar lapangan : 20 meter – 25 meter

Bola futsal berbentuk bulat dan terbuat dari kulit dengan diameter bola 62 – 64 cm. berat bola sendiri sekitar 400 – 440 gram serta mempunyai daya pantul 50 – 65 cm. bola yang digunakan dalam permainan futsal harus terbuat dari kulit atau bahan sejenisnya yang tidak berbahaya.

2. Durasi Pertandingan

peraturan durasi bermain futsal

Dalam peraturan lengkap futsal, durasi pertandingannya sangat berbeda dengan sepak bola. Durasi pertandingan futsal maksimal adalah 2 x 20 menit dalam satu pertandingan. Total para pemain akan bermain adala sekitar 40 menit. Jumlah ini belum termasuk pertambahan waktu.

Waktu bisa diperpanjang hanya untuk melakukan tendangan pinalti. Timer akan diberhentikan saat bola keluar baik keluar dari sisi lapangan maupun saat terjadi tendangan melenceng dan baru akan diaktifkan kembali setelah bola kembali memasuki lapangan.

Pertandingan dimulai dengan sistem lempar koin yang dilanjutkan dengan kickoff. Kickoff berikutnya dilakukan setelah salah satu tim mencetak gol serta di awal babak kedua. Pemain dapat langsung menendang bola kick off ke arah gawang. Jika masuk, maka tendangan dianggap sebagai gol yang sah, sementara jika ditepis oleh koper, maka akan langsung menghasilkan tendangan sudut.

Dalam futsal juga ada istilah time out. Setiap tim mempunyai jatah time out sebanyak 1 kali per babak dengan waktu time out 1 menit. Jika tim tidak meminta time out di babak pertama, maka jatah tersebut tak akan diakumulasi ke babak kedua.

Sementara jika pertandingan berlanjut ke babak ekstra, maka time out tidak berlaku. Tidak ada tambahan ataupun penghentian permainan di luar pertandingan time out. Permainan berakhir ketika wasit keempat atau timekeeper membunyikan sinyal suara, bukan lagi bunyi peluit wasit.

3. Jumlah dan Pergantian Pemain

peraturan pergantian pemain futsal terbaru

Jumlah minimum pemain dalam peraturan futsal internasional untuk memulai dan menyelesaikan pertandingan adalah 3 orang, termasuk penjaga gawang. Sedangkan jumlah anggota cadangan adalah 9 orang.

Dalam melakukan pergantian pemain, futsal tak perlu menunggu persetujuan dari wasit. Pemain dari pinggir bisa langsung masuk ke dalam lapangan saat berjalannya pertandingan, namun pemain yang digantikan dipastikan sudah keluar lapangan terlebih dulu.

Jumlah pergantian pemain juga tak dibatasi. Hanya, dalam kompetisi FIFA seperti Piala Dunia Futsal atau Federasi Regional seperti AFC dan UEFA, pergantian pemain biasanya dibatasi hingga maksimal 9 pergantian per pertandingan.

Aturan ini tak berlaku kalau ada seorang pemain di dalam lapangan yang ingin bergantian menjadi kiper. Dalam hal ini, pemain harus memberi tahu wasit terlebih dulu dan pergantian baru bisa dilakukan saat pertandingan sedang jeda, misalnya saat bole keluar atau terjadi tendangan gawang.

Jika pemain tak mematuhi peraturan futsal mengenai pergantian pemain, wasit berhak memberi sanksi. Sanksi itu bisa berupa teguran maupun langsung mengeluarkan pemain dari lapangan.

4. Macam – Macam Tendangan dan Goal Clearances

Macam – Macam Tendangan dan Goal Clearances

Dalam futsal, seorang penjaga gawang atau kiper tak boleh terlalu lama dalam melakukan penguasaan bola saat permainan berlangsung. Bola harus dimainkan dalam waktu 4 detik sejak tim siap memainkan bola atau wasit memberikan isyarat bahwa tim siap memainkannya.

Salah satu perbedaan peraturan futsal terbaru dengan sepak bola adalah kick in. kalau di sepak bola mengenal dengan lemparan ke dalam, di futsal kita melakukan lemparan tersebut menggunakan tendangan. Ada pula tendangan sudut yang jika tak dilakukan dalam waktu 4 detik, maka restart menjadi izin gawang untuk tim lawan.

Kick in dilakukan untuk menggantikan lemparan ke dalam lapangan. Bol;a ditempatkan 10 inci dibelakan garis. Kaki penendang harus berada di luar garis atau di pinggi lapangan. Tendangan dilakukan dalam waktu 4 detik.

Sedangkan tendangan bebas bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung melalui umpan pendek dari pemain satu tim. Tendangan bebas terjadi saat ada pelanggaran di titik tertentu. Tendangan ini juga bisa terjadi dalam kotak penalti dalam bentuk tendangan bebas langsung maupun tendangan bebas tidak langsung.

Tendangan bebas langsung artinya boleh langsung ditendangkan ke gawang dan jika berhasil mencetak poin atau gil maka akan dianggap sah. Sementara tendangan bebas tidak langsung artinya baru akan dianggap gol yang sah jika mengenai anggota tubuh pemain lain baik lawan atau kawan.

Sama seperti tendangan sudut, tendangan bebas juga harus dieksekusi dalam waktu kurang dari 4 detik. Jika tidak, wasit akan menganggapnya sebagai pelanggaran sehingga bola akan berbalik diberikan pada tim lawan. Tendangan bebas dilakukan saat pemain melanggar 11 poin pelanggaran, yaitu:

  • Menendang / mencoba menendang lawan main
  • Menyandung lawan
  • Melompati lawan
  • Menyerang lawan dengan cara yang berbahaya
  • Memukul, mencoba menyerang atau meludahi lawan
  • Menyerang lawan dari belakang
  • Menahan lawan
  • Mendorong lawan
  • Menyerang lawan denga bahu
  • Melakukan sliding tackle
  • Memegang bola (kecuali kiper)

5. Kartu Kuning, Merah, dan Tendangan Penalti

Kartu Kuning, Merah, dan Tendangan Penalti

Tak beda jauh dengan peraturan sepak bola, pemain yang melanggar juga akan mendapatkan kartu kuning. Jika seorang pemain ditunjukkan dua kartu kuning dalam sebuah pertandingan, maka pemain tersebut akan diganjar kartu merah.

Jika mendapatkan kartu merah, tim yang melanggar akan bermain dengan satu pemain lebih sedikit selama dua menit peermainan penuh kecuali mencetak gol sebelum penalti dua menit berakhir. Selain itu, pemain yang melanggar akan menjalani skorsing minimal satu pertandingan.

Pemain yang diberi kartu merah tak diperkenankan untuk main di sisa waktu pertandingan dan tidak diizinkan untuk duduk di bangku cadangan. Tim yang anggitanya dikeluarkan bisa melakukan pergantian pemain, dengan catatan waktu sudah berjalan dua menit atau setelah tim lawan mencetak gol.

Pemain akan dikeluarkan atau diberi kartu merah jika:

  • Melakukan pelanggaran serius
  • Mengucapkan kata kotor atau kasar
  • Melakukan kekerasan
  • Kejadian kedua setelah pelanggaran terjadi
  • Sengaja menghalangi tim lawan untuk mencetak gol dengan cara memegang bola

Dalam tendangan penalti, pemain bertahan tak boleh lebih dekat dari 16 kaki dari bola. Pemain bertahan juga harus berada di belakang pemain yang akan melakukan eksekusi penalti.

Tendangan pinalti akan diberikan oleh wasit saat terjadi pelanggaran di kotak penalti termasuk saat tendangan bebas atau saat terjadi pelanggaran berat di luar area penalti. Gol yang tercipta dari kotak penalti selalu dianggap sah oleh wasit.

Tim yang mendapat tim foul juga akan diganjar penalti untuk tim lawan. Tembakan ini berjarak 30 kaki dari garis gawang dan bagian tengah. Penendang penalti sendiri harus berjarak 20 kaki dari garis gawang. Sementara kiper tak boleh melewati garus gawang sebelum bola ditendang. Pemain yang melakukan tendangan penalti tak boleh menyentuh bola sebelum disentuh pemain lainnya.  

Dalam adu penalti ada 5 penendang (sebelumnya hanya 3) dan jumlah pemain dalam adu penalti termasuk cadangan harus sama kedua tim nya. Dalam tendangan penalti, penjaga gawang harus dalam posisi menyentuh garis gawang walaupun hanya 1 kaki yang menyentuh garis.

Pemain yang mengganggu atau melakukan provokasi penendang penalti meski dalam jarak minimum lima meter akan terkena kartu kuning.

Itulah berbagai peraturan futsal internasional dan indonesia yang harus kalian ketahui sebelum bermain. Tentu saja jika kalian paham mengenai peraturan – peraturan dalam permainan futsal, kalian akan lebih mahir dan terhindar dari pelanggaran apapun. Semoga bermanfaat.