Beranda » 4 Posisi Pemain Sepakbola Beserta Tugasnya
Pengetahuan Umum

4 Posisi Pemain Sepakbola Beserta Tugasnya

Di dalam permainan sepakbola, ada jumlah masing – masing pemain dari formasi sebuah tim yang berjumlah 11 orang. Mereka terdiri dari 1 orang kiper, serta 10 orang pemain yang masih di bagi lagi menjadi posisi di lapangan serta tentu dengan tugas mereka masing – masing.

Tugas dari seorang kiper sendiri adalah sebagai orang yang menjaga gawang. Bek atau pemain bertahan merupakan orang yang membantu kiper dalam menjaga pertahanana tim, gelandang sebagai penghubung antara pemain bertahan / bek / pemain penyerang, serta penyerang yang bertugas untuk mencetak gol.

Namun, sebetulnya di dalam permainan sepakbola, pembagian posisi tersebut masih lebih kompleks dari keempat posisi itu. Nah, kalau kalian penasaran, di bawah ini kami akan menjelaskan mengenai posisi pemain sepakbola dan tugasnya.

1.Gelandang (Midfielder)

posisi pemain sepakbola

Gelandang atau pemain tengah di posisikan di antara para bek dan penyerang yang tugasnya menghubungkan antara bek dan penyerang. Mereka akan mencegah supaya serangan lawan tak sampai ke pertahanan serta menggiring bola sampai ke depan untuk diberikan kepada penyerang saat tim dalam mode serang.

Posisi ini biasanya paling menguras tenaga karena jarak tempuh dalam permainan cukup jauh. Hal ini di karenakan gelandang merupakan posisi yang menghubungkan lini belakang atau defenders dan lini depan atau strikers.

Biasanya ada gelandang yang lebih condong bertahan dan ada juga yang kedudukannya hampir seperti penyerang. Ada beberapa pembagian dalam posisi gelandang, yaitu:

Gelandang Bertahan (Defending-Midfielder)

Gelandang bertahan adalah pemain tengah yang posisinya ada di belakang garis pertahanan dan di depan para bek. Tugas utama mereka adalah mencegah supaya bolatak mencapai garis pertahanan. Pemain di sini harus punya kemampuan lebih dalam memotong serangan pemain lawan. Lihai merebut bola dari lawan, serta bisa memposisikan diri dengan baik dan strategis.

Gelandang Tengah (Center-Midfielder)

Gelandang tengah ada di tengah lapangan yang bertugas menjaga sektir tengah permainan. Selain itu, mereka juga akan mengatur ritme permainan, membantu pertahanan di tengah ataupun di sayap, membuat peluang untuk striker, serta menghentikan serangan lawan. Sifat dari seorang gelandang adalah punya kemampuan teknis yang baik, stamina yang tinggi, kuat, cepat, cerdas, dan punya banyak taktik.

Gelandang Serang (Attacking-Midfielder)

Gelandang serang biasanya punya kemampuan atau skill dalam mengontrol bola dengan snagat baik serta sangat baik dalam menguasai bola. Mereka juga bisa menjadi seorang playmaker. Biasanya, gelandang serang bisa di bilang sebagai otak dari tim. Mereka juga yang paling terampil dalam menciptakan pola penyerangan yang strategis serta mendistribusikan bola. Itulah kenapa mereka harus bisa membuat keputusan yang bijak.

Gelandang Sayap (Winger)

Pemain tengah atau gelandang posisinya ada di sisi lapangan. Pemain sayap sendiri di bagi 2 yaitu pemain sayap kanan atau right winger dan pemain sayap kiri atau left winger. Peran mereka hampir sama dengan gelandang serang namun mereka tugasnya di wilayah sisi lapangan baik di kiri ataupun di kanan.

Posisi gelandang sayap ini sering di pakai dalam formasi 4-3-3 dan 4-5-1. Gelandang sayap biasanya punya kecepatan yang tinggi, bisa mendribble bola dengan baik, serta bisa melewati lawan dengan akurat. Mereka juga bisanya fleksibel dan bisa menyerang dari tengah lapangan. Itulah kenapa kadang mereka juga bisa menjadi penyerang.

2.Penjaga Gawang (Goal Keeper)

Penjaga gawang, kiper, atau dalam bahasa Inggrisnya juga di sebut dengan Goal Keeper atau GK merupakan seorang pemain yang ada di barisan pertama. Seorang kiper di kenal identik dengan sarung tangan yang ia miliki.

Penjaga gawang juga punya posisi yang cukup istimewa di dalam permainan sepakbola. Yaitu hanya dia yang bisa menyentuh bola dengan tangan asalkan dia ada di dalam area pinaltinya sendiri. Sebagai lapisan akhir dari pertahanan suatu tim, kiper adalah orang pertama di dalam suatu serangan.

Itulah kenapa posisi ini di duduki oleh seorang pemain yang punya tubuh tinggi dan besar serta punya insting yang kuat terhadap lawan, refleks yang sempurna, kecepatan yang tinggi, serta bakat dalam menangkap bola agar mencegah terjadinya gol.

Selain itu, mereka juga harus punya tendangan yang kuat untuk melempar atau mengarahkan bola kepada teman satu timnya tanpa blunder atau tanpa kesalahan yang bisa merugikan tim nya sendiri. Seorang penjaga gawang punya 4 tugas utama, yaitu:

  • Menyelamatkan: saving adalah suatu tindakan untuk menghindari atau mencegah terjadinya gol dengan berbagai usaha yang di lakukan. Misalnya menepis, menangkap, hingga meninju bola.
  • Membersihkan: clearing adalah usaha untuk menjaga supaya bola jauh dari daerah yang berbahaya.
  • Mengarahkan Pertahanan: sebagai pemain terjauh di belakang, seorang kiper bisa melihat di mana para bek harus memposisikan diri sehingga bisa mengarahkan mereka.
  • Mendistribusikan bola: hal ini terjadi di saat penjaga gawang mengambil keputusan untuk menendang maupun membuang bola sesudah melakukan saving.

3.Penyerang (Forward)

posisi pemain sepakbola

Penyerang merupakan pemain yang posisinya paling dekat dengan gawang lawan serta bertugas menciptakan gol. 3 hal yang di butuhkan oleh pemain penyerang adalah teknik, kecepatan, serta bakat. Jika salah satu dari ketiga hal itu ada yang kurang, maka akan jadi lebih susah untuk bisa menjadi pemain handal.

Selain itu, naluri serta konsentrasi yang tajam juga di butuhkan. Pemain ini biasanya tak harus melakukan banyak gerakan sepeti gelandang dan bek. Namun, saat temannya memberi bola ia harus mengubahnya jadi gol. Dalam permainan, penyerang di bagi jadi beberapa macam, yaitu:

Penyerang Tengah (Center-Forward)

Center Forward merupakan pemain yang posisinya ada paling dekat dengan gawang tim lawan. Penyerang tengah juga biasanya di sebut dengan striker. Striker juga punya 2 peran, yaitu menciptakan gol dari umpan yang di berikan rekan timnya.

Mereka juga akan memberikan ruang untuk gelandang serang, pemain sayap, dan mengalihkan perhatian pertahanan lawan. Penyerang tengah juga harus cerdas, kuat, serta berani. Mereka juga harus pintar saat mendapatkan serta mengontrol bola dan bisa memenangkan bola dalam duel udara.

Penyerang Bayangan (Second Striker)

Penyerang bayangan merupakan pemain yang posisinya ada di belakang penyerang utama. Tugas mereka adalah membuka ruang kepada penyerang tuggal serta membantu penyerang utama mencetak gol. Namun, mereka harus memiliki naluri gol yang tinggi. Karena mereka harus bisa memaksimalkan tiap peluang agar sebuah gol tercipta.

Penyerang Sayap (Wing-Forward)

Withdrawn striker atau second striker merupakan seorang striker yang di tarik ke belakang serta melakukan penyerangan. Selain menciptakan gol, mereka juga membantu serangan dari sektor sayap. Mereka akan memberikan umpan kepada striker serta membuka ruangn agar striker bisa mencetak gol.

4.Bek / Pemain Bertahan (Defender)

posisi pemain sepakbola

Salah satu posisi pemain sepakbola satu ini adalah pemain yang menduduki posisi di daerah belakang dan perannya adalah membantu kiper atau penjaga gawang untuk mencegah terjadinya gol. Salah satu tugas mereka adalah menjaga serta melindungi kiper saat menguasai bola.

Jadi, para pemian bertahan ini harus menganggap kiper sebagai pemain yang penting dan tak boleh didekati oleh pemain penyergap dari tim lawan. Bek juga bertugas mencegah serangan lawan dan memblok tembakan dari pemain lawan.

Posisi bek ditempati oleh pemain yang kuat, fit, pekerja keras, serta bergerak cepat untuk mengantisipasi serangan serta pergerakan dari tim lawan. Posisi bek dalam permainan sepakbola ada 3, yaitu:

Bek Tengan (Center Back)

Center bek merupakan 2 orang bek yang posisinya ada di tengah. Fungsi bek tengah sendiri adalah menjaga daerah tengah pertahanan. Para bek biasanya ada di bagian belakang formasi bersama kiper untuk mencegah gol. Biasanya, bek tengah harus berani, kuat, serta punya kemampuan yang baik saat berduel dengan pemain penyerang dari tim lawan.

Bek tengah yang punya skill menyundul yang baik juga kadang bisa maju untuk membantu serangan saat ada tendangan bebas serta selalu maju saat ada tendangan sudut. Mereka yang punya sundulan bagus biasanya punya tubuh yang tak harus tinggi. Sedangkan untuk yang bertubuh tinggi biasanya lebih mudah mendapatkan bola yang terbang di udara yang penting saat terjadi tendangan sudut.

Bek Sayap (Wing Back)

Bek sayap atau Full Back merupakan posisi pemain sepakbola yang bisa bergerak maju sampai ke gawang tim lawan. Mereka terbagi jadi 2 bagian yaitu Left Wing-Back (LWB) yang diposisikan di daerah sayap kiri atau bek kanan, dan Right Wing-Back (RWB) yang bertugas di daerah sayap kanan.

Wing back tugasnya adalah sebagai penjaga di daerah pertahanan sayap dan sesekali bertugas maju membantu serangan tim dari daerah sayap dengan memberi serangan dukungan atau memberi umpan ke pemain penyerang. Itulah kenapa mereka butuh fisik yang sangat kuat.

Penyapu (Sweeper)

Seorang sweeper ada di belakang garus pertahanan atau di depan kiper. Mereka merupakan bagian dari formasi yang memakai 5 orang bek dan diposisikan pada belakang bek tengah untuk menyapu bola setiap berhasil lolos dari pertahanan tim nya. Mereka biasanya lebih banyak bergerak dibanding center back karena harus terus bergerak menutupi tiap lubang yang terjadi di pertahanan mereka.

Menjadi sweeper juga tak harus selalu punya skill atau kemampuan teknik yang spesial. Karena tugas utama mereka hanya mengawasi, mendeteksi adanya bahaya, lalu menyapunya. Tapi, biasanya mereka punya kemampuan untuk merebut dan menyapu bola dari serangan lawan.

Itulah berbagai posisi pemain dalam sepakbola yang harus kalian ketahui, apalagi jika kalian merupakan penggemar sepakbola, sudah pasti posisi dari pemain favorit kalian harus bisa kalian ketahui ya. Semoga bermanfaat.

Partner Site

MOJOBET89 merupakan salah satu situs judi slot online terpercaya yang ada di Indonesia dengan jumlah member mencapai ribuan yang rutin bermain game judi online uang asli.