Beranda » Tips Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik dan Benar
Tips

Tips Menjadi Kiper Sepak Bola Yang Baik dan Benar

Peran penjaga gawang atau kipper memang sangat penting dalam sebuah pertandingan sepak bola. Kipper bukan hanya berperan sebagai pintu terakhir yang harus dilewati lawan saat akan mencetak skor.

Seorang kipper bahkan seringkali dianggap sebagai orang yang memimpin keseluruhan tim, terutama para pemain belakang dalam menjaga pertahanan.

Sebelum menjadi seorang kipper, kalian harus menguasai terlebih dulu Teknik – Teknik menjaga gawang dengan matang.

Baik itu Teknik menepis dan menangkap bola, Teknik kepemimpinan di belakang, cara menjaga stamina yang benar, hingga Teknik melompat serta refleks yang baik.

Dan gaspar, seorang pelatih kipper ternama internasional, mengemukakan bahwa sangat penting bagi kipper muda untuk menganggap bahwa setiap Latihan merupakan pertandingan Piala Dunia.

Namun, jangan khawatir jika kalian baru saja mencoba pertarungan dalam posisi ini. Nah, di bawah ini ada beberapa tips kiper yang baik yang bisa kalian coba ikuti.

1.Jangan Lengah Ketika Bola Sedang Jauh dan Percaya Diri

Jangan Lengah Ketika Bola Sedang Jauh dan Percaya Diri

Mungkin dulu kalian bertanya – tanya, apa yang kipper lakukan jika bola sedang berada di daerah pertahanan lawan.

Tentu saja kamera di TV akan meliput pada daerah di mana ada bila dan tidak meliput bagian kipper tersebut.

Tentu saja dia tidak bisa duduk – duduk untuk santai sama sekali. Kipper harus tetap focus, bahkan saat bola sedang berada di dalam kotak penalty lawan sekalipun.

Kehilangan focus bagi kipper adalah hal yang fatal. Namun, jika kalian Lelah untuk fokus selama 90 menit, setidaknya kalian harus menggunhakan bgatas patokan garis tengah lapangan.

Kalian harus bersiap saat bola sudah lewat dari batas itu. Jangan sekali kali baru memulai untuk bersiap Ketika lawan dan bolanya sudah menginjakkan kaki di kotak 16,5 meter.

 Selain itu, kekuatan mental juga memainkan peran besar dalam sebuah pertandingan. Sehingga kepercayaan diri bagi setiap pemain dalam tim menjadi sangat penting.

Kehilangan kepercayaan diri akan mempengaruhi performa kalian. Selain itu jangan sampai satu atau dua kesalahan yang kalian buat mengurangi rasa percaya diri kalian.

Untuk meningkatkan rasa percaya diri, kalian bisa menganalisis kesalahan – kesalahan apa saja yang sudah dilakukan saat pertandingan dan membuat rencana serta Latihan untuk mencegah kesalahan itu dating ke depannya.

Persiapan yang baik yang kalian lakukan juga bisa berguna karena bisa meningkatkan kepercayaan diri kalian.

2.Perhatikan Bolanya dan Pilih Posisi Terbaik

Perhatikan Bolanya dan Pilih Posisi Terbaik

Kesalahan yang biasa dilakukan oleh kipper pemula adalah tak sadar bahwa yang mereka lihat dan awasi merupakan lawan mereka, bukan bola yang sedang dimainkannya.

Ingatlah bahwa tugas utama seorang kipper sepakbola adalah memastikan tidak ada bola yang masuk ke gawang kalian.

Dengan kata lain, focus kalian sebagai seorang kipper adalah pada bola, bukan pada lawan. Kalian juga perlu berpikir sesekali untuk maju meninggalkan kotak 16,4 meter untuk mengamankan bola.

Tentu hal ini dilakukan jika keadaannya memungkinkan dan merupakan Langkah terbaik untuk kalian saat itu. Namun, kalian harus segera Kembali ke posisi kalian semula dan Kembali focus.

Selain itu, pada dasarnya, posisi terbaik disesuaikan pula oleh kondisi di mana bola beradam posisi lawan hingga posisi pemain belakang kalian berada.

Namun kalian tetap membutuhkan pos terbaik sebagai titik permulaan kalian. Jangan terlalu jauh dari gawang dan jangan juga berada persis di garis gawang. Jarak satu meter dari garis gawang adalah jarak yang dirasa cukup sempurna.

3.Jangan Menunggu Lawan dan Ketahui Teknik Menjangkau Bola

Jangan Menunggu Lawan dan Ketahui Teknik Menjangkau Bola

Terkadang, kalian sebagai penjaga gawang juga perlu tahu akan ke mana lawan pergi dan apa yang akan dilanjutkan lawan selanjutnyam terutama para penyerang.

Apakah dia akan segera menendang bola, mengoper pada temannya, atau langsung menendang. Kalian perlu belajar untuk mulai membaca Gerakan lawan.

Kemampuan ini juga akan semakin bertambah seiring dengan banyaknya jam terbang kalian. Saat situasi satu lawan satu terjadi, salah satu kesalahan terbesar adalah saat sudah terlalu lama menunggu lawan sehingga ia sudah terlanjur masuk ke jarak tembak sempurna.

Larilah ke depan sebelum itu terjadi serta lebarkan tubuh kalian karena kalian akan mengurangi angle tembakan lawan sehingga memperbesar kemungkinan untuk memblokir tendangannya.

Bahkan, dengan berlari ke depan, kalian bisa menahan bola sebelum lawan sempat menembakkan bola nya. Ini juga bisa menakut – nakuti di penyerang sehingga ia akan terburu – buru mengambil Tindakan gegabah hingga berujung pada kesalahannya sendiri.

Selain itu, untuk menjadi kipper yang handal, menjangkau datangnya bola menjadi hal yang wajib untuk dipelajari dan Teknik menangkap bola juga harus benar – benar dikuasai.

Kipper yang handal selalu memanfaatkan seluruh anggota tubuh mereka untuk bisa menghentikan tendangan dari lawan agar gawang mereka tidak kebobolan.

Misalnya, Ketika mengantisipasi tendangan pinalti ataupun berhadap0an one to one dengan pemain penyerang terutama mengetahui pergerakan matanya dan juga Bahasa tubuh seperti sikap kaki dari pemain lawan dan dimana bola berada.

Selain kalian bisa memprediksi arah datangnya bola dan kemana bola akan dibawa, Kiper juga harus siap Ketika gagal dalam menangkap bola atau salah mengantisipasi bola.

Kipper bisa menggunakan kaki yang lebih fleksibel untuk menyelamatkan gawang agar tidak kebobolan.

Juga, jangan sampai kalian mati Langkah Ketika penyerang dari tim lawan menendang dan kalian hanya diam saja. Hal ini dikarekana kurang siapnya kipper dalam menjangkau bola dan kurang baiknya kipper dana membaca arah datangnya bola.

Karena itu, kipper harus selalu siap dan focus Ketika bola dibawa oleh pemain lawan, tugas dari seorang kipper adalah mengentikan tendangan yang dilakukan oleh lawan agar bola tidak masuk ke gawang.

Nah, itulah beberapa tips menjadi kipper yang baik yang bisa kalian terapkan. Semoga artikel ini bermanfaat.